Header Blog & Channel
                                      


                   

Cara Mengedit Teks pada Animasi (File swf)


Bagaimana cara mengedit teks berbahasa asing pada animasi (file swf) ?
Ah itu bukan hal yang sulit lagi buat kita yang tidak boleh membuat animasi terutama animasi untuk pembelajaran. Buat guru yang selama ini punya banyak file animasi berbahasa Inggris, kita boleh mengalihbahasakan animasi yang berbahasa asing itu dengan mudah.

Sebelumnya kalau ingin mengedit teks pada sebuah animasi yang berbahasa Inggris saya harus me-decompile dulu agar file swf (file animasi) menjadi file fla. Dari file fla tersebut selanjutnya kita boleh mengotak-atiknya menggunakan macromedia flash. Namun dengan adanya software sothink decompiler versi 6-an semua dengan mudah diedit tidak perlu lagi konversi file swf ke file fla lebih dahulu. Kita boleh mengedit file animasi tersebut.

Ok berikut saya contohnya bagaimana mengedit teks.


1. Buka aplikasi Sothink Decompiler. Dapat diakses dari Start, All Program, SourceTec,Sothink
    SWF Decompiler.
2. Buka file animasi yang akan diedit teks-nya. Saya akan contohkan mengedit file animasi yang
    saya unduh dari sini. Cara mengunduhnya boleh menggunakan cara yang pernah saya tulis di
    sini. atau boleh juga memakai cara yang ada di sini. Berikut screenshootnya.



 3. Selanjutnya klik tanda + dan lakukan ekspansi pada bagian texs yang saya tandai seperti gambar  
     berikut:

 4. Carilah teks yang akan dialihbahasakan. Misalnya saya akan terjemahkan text no 30 dan ikuti 
     nomor langkahnya, pada langkah ke 3 lakutan pengalihan bahasa. Setelah selesai klik save as 
    (supaya animasi aslinya tidak rosak).

  5. Berikut hasil terjemahan bebas dan perhatikan pada teks 30 ada tanda * (bintang) artinya ini teks 
      sedang diedit.
6. Teks yang lain lakukan dengan cara yang sama.

7. Bagaimana menterjemahkan teks yang terletak pada action script file swf tersebut? Caranya
    hampir sama hanya kita harus mencari pada action scripts mana yang terdapat teks tersebut.
    Lakukan percobaan hingga mendapatkan teks pada scripts.


No comments: